RPP PAI KELAS X SEMESTER 1 K 13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK ISLAM TERPADU ROUDHOTUL MUBTADI’IN
Kelas/Semester : X / I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Pokok bahasan : Berperilaku Terpuji
Alokasi waktu :
2 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif
dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad
sebagai pedoman hidup
2.1 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta
hadits yang terkait
3.1 Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya
dalam kehidupan
4.1.1 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dengan
lancar.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
·
Mendemonstrasikan hafalan membaca Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dengan lancar
·
Mendefinisikan arti perilaku husnuzhan
·
Mendiskusikan pengertian perilaku husnuzhan kepada
Allah, diri sendiri dan sesama
manusia
·
Mengidentifikasi perilaku husnuzhan kepada Allah, diri sendiri dan sesama
manusia dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendiskusikan hikamah berperilaku husnuzhan kepada Allah, diri sendiri dan
sesama manusia.
·
Mendiskusikan contoh perilaku husnuzhan kepada Allah,
diri sendiri dan sesama
manusia dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendiskusikan cara pembiasaan perilaku
husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
D. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
· Menunjukkan sikap berperilaku husnuzhan kepada
Allah, diri sendiri dan sesama
manusia
E. Materi
Ajar
A.
Pengertian perilaku husnuzzan
1. Husnuzzan
kepada Allah
a. Pengertian
husnuzzan kepada Allah
b. Contoh-contoh
perilaku husnuzzan kepada Allah SWT.
1. Syukur
2. Sabar
c. Cara mewujudkan Husnuzzan kepada Allah
2. Husnuzzan terhadap diri
sendiri
a. Percaya diri
b. Gigih
1. Menuntut ilmu
2. Bekerja mencari rizki yang
halal
3. Berinisiatif
4. Rela berkorban
3. Husnuzzan terhadap sesama manusia
a. Contoh-contoh Perilaku husnuzzan Terhadap Sesama
Manusia
b. Praktik Perilaku husnuzzan Terhadap Sesama Manusia
4. Sikap terpuji terhadap makhluk
hidup selain manusia
a. Sikap terpuji terhadap
tumbuh-tumbuhan
b. Sikap terpuji terhadap
binatang (hewan)
c. Sikap terpuji Terhadap
Lingkungan Alam
d. Sikap Terpuji terhadap Makhluk
Gaib
F. Alokasi
Waktu
3
x 45 menit
G. Pendekatan,
Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Saintifik
Strategi : Cooperative Jigsaw
Metode
: Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
H. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa
kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran
siswa
·
Mempersilakan salah
satu siswa memimpin do’a
·
Tanya jawab materi
sebelumnya mengenai Iman kepada Allah SWT.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point
|
10 menit
|
Inti
|
·
Siswa mendapatkan
penjelasan tentang hal yang harus diamati saat menonton film dokumenter.
·
Menayangkan film
tentang perilaku husnuzzan
·
Siswa mendapatkan
pertanyaan tentang topik dari film yang ditayangkan.
·
Siswa mendapatkan
penjelasan tentang proses pelaksanaan teknik Jigsaw
·
Siswa dibagi ke dalam 4
kelompok yang beranggotakan 6 orang (kelompok awal)
·
Setiap kelompok
mendapatkan tugas:
1. Husnuzzan kepada Allah
2. Husnuzzan
terhadap diri sendiri
3. Husnuzzan terhadap sesama manusia
4. Sikap terpuji
terhadap makhluk hidup selain manusia
·
Masing-masing siswa
yang memiliki wacana/tugas yangsama berkumpul dalam satu kelompok (Kelompok
ahli)
·
Setiap siswa mencatat
hasil diskusi dan kembali ke kelompok awal
·
Dalam kelompok awal
dilaporkan hasil diskusi kelompok ahli dan semua anggota kelompok mencatat
hasil kelompok ahli
·
Laporan hasil kerja
kelompok dengan cara guru menunjuk secara acak untuk melaporkan hasil diskusi
kelompok, sampai semua masalah selesai dibahas
·
Siswa yang lain menanggapi
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan tentang Berperilaku husnuzzan
1. Husnuzzan kepada Allah
2. Husnuzzan
terhadap diri sendiri
3. Husnuzzan terhadap sesama manusia
4. Sikap
terpuji terhadap makhluk hidup selain manusia
·
Evaluasi untuk mengukur
ketercapaian tujuan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Siswa membuat tugas tentang manfaat berperilaku
husnuzzan dan sebaliknya jika berperilaku suuzhan kepada Allah, diri sendiri,
sesama manusia dan sikap terpuji terhadap makhluk hidup selain manusia dalam
bentuk makalah (tugas kelompok dikumpulkan 2 minggu yang akan datang)
·
Mengucapkan salam
|
20 menit
|
I. Penilaian Hasil Belajar
a. Tes
1. Uraian (terlampir)
2. Pilihan Ganda (terlampir)
b. Non
Tes
1. Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2. Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3. Membuat makalah tentang manfaat berperilaku husnuzzan
dan sebaliknya jika berperilaku suuzhan kepada Allah, diri sendiri, sesama
manusia dan sikap terpuji terhadap makhluk hidup selain manusia (kriteria
penilaian terlampir)
Format penulisan makalah:
BAB I Pendahuluan
BAB
II Isi
BAB
III Penutup
a. Kesimpulan
b. Saran
Daftar
Rujukan
Catatan:
Makalah
diketik dengan menggunakan huruf Arial, 12, spasi 1,5, print-out kertas
A4, maksimal 15 lembar.
J. Sumber Belajar :
·
Buku
sumber Sejarah SMA X
1. Al-Quran dan Terjemahnya oleh Kementerian Agama RI
2. Modul Pendidikan Agama Islam untuk Siswa SMA Kelas X
Smstr 1 oleh Syamsuri , diterbitkan oleh ……………….
3. Sumber lain yang relevanWhite board/papan flanel
·
Power point
·
LCD
· Internet
·
Kartu pembelajaran
· Film
Lampiran
Instrumen Penilaian
INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF
A. SOAL
NO
|
SOAL
|
Skor
|
Bobot
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Sebutkan pengertian husnuzhan terhadap
Allah
Sebutkan pengertian husnuzhan terhadap
diri sendiri
Sebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama
manusia.
Jelasakan contoh husnuzhan tehadap Allah
Jelaskan contoh husnuzhan terhadap diri
sendiri
Jelaskan contoh husnuzhan terhadap
sesama manusia. contoh
|
20
15
15
15
15
20
|
25
15
15
15
15
15
|
Jumlah
Skor
|
100
|
100
|
KUNCI JAWABAN
NO
|
KUNCI
JAWABAN
|
1.
2.
3.
4.
5.
6
|
Pengertian husnuzhan terhadap Allah
adalah : Berbaik sangka kepada Allah Swt, Tuhan yang Maha Esa,pencipta alam
semesta dan segala isinya.
Pengeretian husnuzhan terhadap diri
sendiri adalah : Berbaik sangka terhadap diri sendiri, tentu akan berprilaku
terpuji terhadap dirinya sendiri,seperti percaya diri, gigih, dan
berinisiatif.
Pengertian husniuzhan terhadap sesama
Manusia adalah : sikap mental terpuji yang harus diwujudkan melalui sikap
lahir,ucapan dan perbuatan yang baik, diridhai Allah Swt,dan bermamfaat.
Contoh Husnuzhan terhadap Allah :
1. Syukur
Artinya : berterima kasih kepada Allah dan pengakuan yang tulus atas Nikmatdan
karunianya melalui ucapan, sikap dan perbuatan.
2. Sabar
artinya : Apabila Manusia berada dalam situasi senang, hendaknya ia
bersyukur, dan bila berada dalam situasi susahkarena mengalami Musibah
hendaknya ia bersabar.
Contoh
husnuzhan terhadap diri sendiri :
1. Percaya
pada diri sendiri : Seseorang yang percaya diri tentu ia akan yakin terhadap
kemampuan dirinya, sehingga ia berani mengeluarkan pendapat dan beranipula
melakukan suatu tindakan.
2. Gigih
:Orang yang berprilaku Gigih apa yang akan di inginkannya akan tercapai
Contoh
husnuzhan terhadap sesama Manusia :
1. Kehidupan
berkeluarga : Hubungan antara anak dan orang tua hendaknya dilandasi dengan
prasangka baik dan saling pengertian,anak-anak berbakti kepada orang tuanya
dengan bersikap terpuji dan menyenagkan hati kedua orang tua.Orang tua pun
hendaknya memberikan kepercayaan yang diperlukan anak untuk mengembangkan
diri dan melakukan hal-hal yang bermamfaat.
2.
Kehidupan bertetangga : Hendaknya saling berprasangka baik dan jangan saling
mencurigai, saling menghormati dan saling menghargai,baik sikap dan ucapan
lisan ataupuin melalui perbuatan sikap.
|
Pengelolaan nilai siswa
Nilai = Jumlah skor perolehan x
100
Jumlah
skor max
Mengetahui, Pemalang...............................
2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mapel,
Drs.Sirojul Munir, M.M. Khumatul
Islam,S.Pd.I
Lembar
Pengamatan
Rubrik kegiatan Diskusi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P
e n g a m a t a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Kerja sama
|
Meng
komunika
sikan pendapat
|
Toleransi
|
Keaktifan
|
Menghargai
pendapat teman
|
|||||
Keterangan
Skor :
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4 =
Baik Sekali
3 =
Baik
2 =
Cukup
1 = Kurang
∑ Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal (20)
Kriteria
Nilai
A = 80
–
100 : Baik
Sekali
B = 70
–
79 : Baik
C = 60
–
69 : Cukup
D = ‹
60 : Kurang
Mengetahui, Pemalang...............................
2018
Kepala Sekolah, Guru
Mapel,
Drs.Sirojul Munir, M.M. Khumatul
Islam,S.Pd.I
Rubrik Penilaian Presentasi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n i l a i a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
|||||
Komunikasi
|
Sistematika penyampaian
|
Wawasan
|
Keberanian
|
Antusias
|
Gesture dan
penampilan
|
|||||
Keterangan Skor :
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4 =
Baik Sekali
3 =
Baik
2 =
Cukup
1 = Kurang
∑ Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal (20)
Kriteria Nilai
A = 80
–
100 : Baik
Sekali
B = 70
–
79 : Baik
C = 60
–
69 : Cukup
D = ‹
60
: Kurang
Format Penilaian Makalah
Struktur Makalah
|
Indikator
|
Nilai
|
Pendahuluan
|
Menunjukkan dengan tepat isi :
· Latar belakang
· Rumusan masalah
· Tujuan penulisan.
|
|
Isi
|
· Ketepatan pemilihan gambar
· Orisinalitas makalah
· Mendeskripsikan perilaku terpuji, prasangka baik (husnuzzhan) dan penerapannya dalam
kehidupan masyarakat
· Struktur/logika
penulisan disusun dengan jelas sesuai metode yang dipakai
· Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
· Daftar pustaka
yang dapat dipertanggungjawabkan (Ilmiah)
· Menghindari sumber (akun) yang belum dikaji secara
ilmiah
|
|
Penutup
|
· Kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah
· Saran relevan dengan kajian, dan berisi pesan untuk
peningkatan kontrol diri berprasangka baik (husnuzzhan) dan menerapkannya dalam
kehidupan masyarakat
|
|
Jumlah
|
|
∑ Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal (48)
Mengetahui, Pemalang...............................
2018
Kepala
Sekolah, Guru
Mapel,
Drs.Sirojul Munir, M.M. khumatul
Islam,S.Pd.I
LATIHAN
Berilah tanda silang (
X ) pada salah satu jawaban yang benar dan tepat !
1. Sebagian
prasangka itu adalah dosa, demikian tercantum dalam QS ... .
a. Al-Hujurat
;
12 d. Ibrahim
; 34
b. Al-Maidah
; 2 e. Al-Baqarah
; 125
c. At-Tien
; 4
2. Berikut ini adalah cara-cara
bersyukur kepada Allah SWT, kecuali ... .
a. membaca
hamdalah
b. mengerjakan
salat lima waktu
c. mempercayai
kebenaran rukun iman
d. belajar
dan mengajar Al-quran
e. berpuasa
sepanjang masa
3. Berikut ini termasuk sikap husnuzzan
kepada Allah, kecuali ...
a. bersyukur
bila memperoleh nikmat
b. bersabar
bila menderita musibah
c. berusaha
dan berdoa agar kebutuhannya terpenuhi
d. Senantiasa
bertawakal kepada Allah
e. dengan
sengaja berbuat dosa karena Allah maha pengampun
4. Larangan berputus asa dari rahmat
Allah terdapat dalam QS. ...
a. Al-Bayyinah
; 35
b. Yusuf
; 87
c. Al-Baqarah
; 195
d. Al-jumu’ah
; 10
e. Al-Maaidah
; 2
5. Contoh perilaku dari berburuk sangka
pada diri sendiri ialah ...
a. berani
mengeluarkan pendapat dan berbuat
b. benyak
brinisiatif yang positif
c. tidak
mau berkenalan dan bergaul dengan tetangga
d. gigih
dalam mencari rizki yang halal
e. rajin
belajar dan giat mencari ilmu
6. Dibawah ini adalah ungkapan-ungkapan
orang yang husnuzzan kapada Allah, kecuali ....
a. “Alhamdulillah,
hujan telah turun”
b. “
Allah tidak sia-sia menciptakan sesuatu
c. “Alhamdulillah
, saya selamat dari kecelakaan”
d. “
Untung dia tidak meninggal walaupun dia cacad “
e. “Mengapa
hanya saya saja yang brnasib begini”
7. Dibawah
ini adalah hikmah husnuzzan, kecuali ....
a. hidup menjadi tenang, tenteram, dan damai
b. hati menjadi bersih
c. senantiasa bersyukur kepada Allah
d. bisa menimbulkan rasa pesimis
e. jauh dari perselisihan atau perpecahan
8. Berprasangka
baik disebut ...
a. su’uzzan d.
zalim
b. husnuzzan e.
hasud
c. curiga
9. Untuk menumbuhkan sikap iisiatif agar
dapat mandiri, caranya seperti dibawah ini, kecuali ....
a. bekerja
tepat waktu
b. beramal
atau bekerja menurut keadaan bakat dan tabiat
c. bekerja
keras secara sungguh-sungguh
d. senantiasa
menggunakan akal
e. berusaha
jadi pionir dan kreatif
10. Kerusakan alam dan ekosistem di lautan dan di
daratan adalah akibat ...
a. manusia
b. binatang
liar
c. bencana
alam
d. rahmat
Allah
e. perbuatan
iblis
Jawablah pertanyaan ini dengan jelas dan benar !
1. Apakah yang kamu ketahui tentang
husnuzzan, jelaskan
2. Apa yang kamu ketahui tentang gigih dan
optimis, jelaskan
3. Bagaimana sikap yang baik terhadap
lingkungan, jelaskan
4. sebutkan cara untuk menumbuhkan sikap
inisiatif
5. Jelaskan cara bersikap terpuji
terhadap hewan dan tumbuh-tumbuhan.
Komentar
Posting Komentar